Seminar Online “Modal Manusia Berkualitas”

Sebagai sebuah instansi pendidikan tinggi yang telah terakreditasi A untuk terus berupaya meningkatkan kualitas diri guna menyongsong akreditasi unggul, Uhamka terus berupaya mengisi masa pademi ini dengan beragam kegiatan yang bermanfaat diantaranya beragam Webinar yang bermanfaat dan berkualitas.Salah satu Webinar yang baru saja terselenggara pada sabtu 28 November 2020 kemarin ialah Seminar Online Modal Manusia Berkualitas dengan mengusung tema Meningkatkan Self Awareness pada Individu di Masa Pandemi, yang mana kegiatan ini terselenggara berkat inisiasi Fakultas Psikologi Uhamka bersama enam komunitas ilmiah yang ada di Fakultas Psikologi Uhamka, dengan menghadirkan narasumber-narasumber millenial yang telah malang melintang dalam dunia Psikologi, dua diantaranya merupakan alumnus Fakultas Psikologi Uhamka.

 

Anisia Kumala selaku Dekan Fakultas Psikologi menuturkan bahwa kegiatan seperti ini menjadi indikator bahwa pihaknya dan juga para mahasiswa Psikologi Uhamka senantiasa berusaha untuk selalu mengembangkan diri dimasa pandemi ini, serta terus berinisiatif untuk menebar manfaat dan kebaikan kepada sesama dimasa pandemi ini melalui seminar motivasi dan pengembangan diri.

“Saya kira ini adalah salah satu indikasi bahwa kita semua ini terus bergerak maju terus berinisitaif untuk bisa mengembangkan diri, terus berinisiaif untuk menebar kebaikan, manfaat, dan juga menebar ilmu serta nilai-nilai, kearifan, terutama dimasa pandemi yang mugkin orang serba susah. Namun Alhamdulillah ini menunjukan bahwa kita sebagai manusia, sebagai individu, ini terus bergerak jadi tidak boleh menyerah, apalagi berputus asa.” Tuturnya.

Dirinya juga turut menambahkan kegiatan webinar yang terselenggara melalui inisiasi enam komunitas ilmiah yang ada di Fakultas Psikologi Uhamka ini menjadi bukti bahwa selain mahasiswa Psikologi Uhamka memiliki spirit yang luar biasa dalam upaya pengembangan diri, para mahasiswa Psikologi Uhamka juga bersemangat dalam upayanya menjadi individu yang memiliki kualitas unggul.

 

“Seminar kita pada hari ini sangat luar biasa bagusnya, ada modal manusia berkualitas, ini juga benar-benar menunjukan selain anda  semangat untuk mengembangkan diri, anda juga ternyata punya keinginan tinggi untuk senantiasa menjadi individu dengan kualitas yang unggul. Ini tidak mudah, artinya ini butuh usaha dari kita semua, bukan sesuatu yang given, bukan sesuatu yang terberi, tetapi ini butuh usaha dari kita semua butuh inisiatif dari diri kita butuh dorongan dari diri kita tidak hanya dorongan dari luar namun juga dari dalam diri kita.” Terangnya.

Ayu Lestari selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa jumlah peserta yang hadir dalam webinar tersebut bejumlah 150 orang, serta kegiatan tersebut terselenggara melalui ruang virtual Zoom Meeting yang berlangsung sejak pukul 13:00 WIB hingga 16:00 WIB.

Sri Mulyani Zumrotin salah satu narasumber dalam kegiatan ini mengaku bangga karena dapat berdiskusi bersama para mahasiswa Psikologi Uhamka. Zumrotin yang merupakan salah satu Alumnus Fakultas PSikologi Uhamka menuturkan bahwa kegiatan seperti ini perlulah untuk senantiasa diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan, mengingat menurutnya sebagai salah satu Prodi yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT, sangat disayangkan jika kegiatan ini menurutnya hanya terselenggara satu kali saja.

Dilain pihak, Winda Sri Harianti mahasiswa UII yang pernah menyandang gelar 1st runner up duta Psikologi Positif Indonesia 2019 menyatakan rasa hormatnya terhadap Uhamka karena telah dipercaya menjadi narasumber dalam kegiatan webinar tersebut. Dirinya juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan terobosan yang positif terhadap pembelajaran psikologi bagi para mahasiswa, serta dirinya mengapresiasi Uhamka yang telah bersungguh sungguh mengisi masa pandemi ini dengan kegitan yang bermanfaat dan berorientasi pada pengembangan kualitas individu, serta senantiasa konsisten dalam memberikan pengetahuan kepada seluruh warga pendidikan dengan secara konsisten menyelenggarakan webinar yang positif, tak terbatas hanya pada mahasiswa Uhamka saja, melainkan kepada seluruh warga pendidikan yang ada di tanah air.  (LBM)

Sumber berita : https://www.kabarpendidikan.id/2020/11/uhamka-merespon-isu-kesehatan-mental.html