BEM Fakultas Psikologi UHAMKA telah mengadakan kegiatan Psikologi Mengabdi (PSIKOBDI) yang merupakan salah satu program kerja Bidang 3 Sosial dan Politik BEM Fakultas Psikologi UHAMKA periode 2019-2020. Program kerja Psikologi Mengabdi merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang mewadahi mahasiswa aktif dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat Kampung Pelangi dan anak-anak Yayasan Al-Futuwwah dengan harapan agar membangun kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari segi pola pikir pendidikan, menjaga kesehatan, dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini bertema “Bersama Mengabdi untuk Menggapai Masyarakat Madani” yang dilaksanakan selama 6 kali pertemuan, pertemuan pertama pada tanggal 16 Februari 2020, pertemuan kedua pada tanggal 22 Februari 2020, dan pertemuan ketiga dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2020 yang bertempat di Pesantren Pendidikan dan Pembinaan Yatim Piatu-Dhu’afa BSC Al-Futuwwah yang beralamat di Cipete, Jakarta Selatan. Lalu kegiatan PSIKOBDI pertemuan keempat pada tanggal 13 Maret 2020, pertemuan kelima pada tanggal 21 April 2020, dan pertemuan terakhir pada tanggal 11 Juli 2020 bertempat di Kampung Pelangi, Rt.2/Rw.10, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pertemuan I

Pada pertemuan pertama kegiatan yang dilaksanakan adalah perkenalan dengan anak-anak Yayasan, bermain games dan Mengaji.

  • Games

Dalam kegiatan ini terdapat beberapa permainan yaitu permainan Ular Naga dan Permainan Kursi Rebut. Pada permainan Ular Naga anak-anak dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok perempuan dan kelompok laki-laki. Anak perempuan bermain dengan volunteer perempuan dan anak laki-laki bermain dengan volunteer laki-laki.

Permainan yang kedua adalah Kursi Rebut. Pada permainan ini anak-anak dibagi menjadi 8 kelompok yaitu 4 kelompok perempuan dan 4 kelompok laki-laki.

   

  • Mengajar Ngaji

Kegiatan ini diawali dengan pembagian kelompok panitia yang dibantu oleh volunteer, mereka terbagi kedalam 10 kelompok untuk mengarahkan anak-anak yang nantinya akan diajarkan membaca Al-Qur’an, Iqro, dan juga hafalan surah-surah pendek sesuai dengan pembagian bacaan yang sedang mereka jalani di Yayasan tersebut.

Pertemuan II

Pada pertemuan kedua kegiatan yang dilaksanakan adalah Program Yayasan Bersih (Proyasih).

  • Program Yayasan Bersih (Proyasih)

Program ini dilaksanakan untuk membantu membersihkan Yayasan yang nantinya akan menjadi tempat untuk keberlangsungan kegiatan Psikologi Mengabdi. Kegiatan ini dilakukan oleh para Volunteer, Panitia, dan anggota DPM dan kegiatan bersih-bersih dalam yayasan ini meliputi; membersihkan lantai dan kaca, membersihkan kamar mandi, menyusun barang-barang yang sudah tidak terpakai lalu dipindahkan ke lantai paling atas agar terdapat lebih banyak ruang, dan juga menyusun buku pada rak yang ada di perpustakaan.

Pertemuan III

Pada pertemuan ketiga kegiatan yang dilaksanakan adalah Konseling.

  • Konseling

Kegiatan Konseling diisi oleh Peer Coaching & Counseling yang merupakan salah satu club yang ada di Fakultas Psikologi UHAMKA. Pada kegiatan ini diisi dengan materi Healing Stress dan Eksplorasi Diri pada anak-anak di Yayasan dengan cara para peserta diarahkan untuk memilik salah satu dari 4 gambar yang sudah di sediakan, gambar-gambar tersebut adalah gambar seorang pilot, guru, dokter dan polisi. Selanjutnya para peserta ditanya secara bergiliran mengenai mengapa mereka memilih gambar tersebut dan alasan mereka memilih warna untuk setiap bagian yang ada di gambar. Selain itu juga para peserta ditanyakan secara mendetail mengenai keseharian mereka dan apa yang mereka rasakan.

Pertemuan IV

Pada pertemuan keempat kegiatan yang dilaksanakan adalah Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis.

  • Penyuluhan Kesehatan

Penyuluhan kesehatan ini diisi oleh relawan Aksi Cepat Tanggap. Penyuluhan ini diadakan di Mushola Kampung Pelangi yang berlokasi di Cipete, Jakarta Selatan. Materi yang disampaikan adalah mengenai Mencegah Resiko Gangguan Kesehatan di Lingkungan. Materi ini menjelaskan mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan perbedaan yang ada pada lingkungan yang sehat dan tidak sehat. Lalu bagaimana cara mencegah timbulnya berbagai penyakit yang terdapat di lingkungan yang kurang sehat dan bagaimana menjaga lingkungan agar lebih baik.

  • Pengobatan Gratis

Pengobatan gratis ini juga diisi oleh relawan Aksi Cepat Tanggap. Setelah para warga mengikuti penyuluhan kesehatan selanjutnya para warga diarahkan untuk juga mengikuti pengobatan gratis. Masyarakat berkonsultasi dengan para tenaga medis mengenai gejala penyakit yang mereka alami lalu setelah mendapatkan diagnosa para warga tersebut diarahkan untuk mengantri mengambil obat.

Pertemuan V

Pada pertemuan kelima kegiatan yang dilaksanakan adalah Bakti Sosial.

  • Bakti Sosial

Kegiatan ini diadakan untuk pemberian Donasi Tempat Cuci Tangan dan Sabun. Hal ini merupakan kegiatan insidental yang diadakan guna menyesuaikan dengan kondisi terkini yaitu menyebarnya wabah virus Covid19. Para panitia berkoordinasi mengenai 12 ember cuci tangan yang akan ditempatkan di Kampung Pelangi dan juga para panitia meninjau terkait titik lokasi yang bagus untuk penempatkan ember-ember tersebut bersama dengan pengurus RT lalu memasangkannya di titik-titik tersebut.

Pertemuan VI

Pada pertemuan kelima kegiatan yang dilaksanakan adalah Penyerahan Plakat dan Donasi.

  • Penyerahan Plakat dan Donasi

Pada kegiatan ini diadakan penutup rangkaian kegiatan Psikologi Mengabdi (PSIKOBDI) yang telah berlangsung selama 5 kali pertemuan. Dalam kegiatan ini ada beberapa rangkaian acara yaitu Penyerahan Plakat kepada Yayasan sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah bekerja sama dalam kegiatan Psikologi Mengabdi. Lalu penyerahan Al-Qur’an dan donasi dari para donatur untuk membantu Yayasan.

Dalam acara ini kami mendapatkan pengalaman serta pelajaran dari masyarakat dan juga anak-anak Yayasan yang sangat berharga untuk kami terapkan dalam kehidupan kami, dalam kesempatan ini pula kami dapat menjalankan salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang Pengabdian Masyarakat.

Semoga acara yang telah kami laksanakan dapat memberikan banyak manfaat baik. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat untuk mewujudkan kegiatan Psikologi Mengabdi ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Sam