KNOW, EXPLORE AND MAKE A MIRACLE WITH YOURSELF

Sri Mulyani Zumrotin

(None Persahabatan, Abang & None Buku Jakarta Utara 2019)

Perkenalkan, nama ku Sri Mulyani Zumrotin. Biasa dipanggil Zum. Saat ini, aku sedang menjadi mahasiswi semester akhir di Fakultas Psikologi Uhamka. Banyak pengalaman yang ku lalui dan membawa ku hingga ketitik ini. Ketitik menjadi none buku persahabatan Jakarta Utara 2019.

“Pengalaman, adalah guru terbaik dalam kehidupan”. Aku menyetujui pernyataan tersebut. Karena, dari pengalaman aku mampu belajar dan mampu mengenali siapa diri aku yang sesungguhnya.

Semua berawal dari keikutsertaan ku menjadi kontingen debat Fakultas Psikologi. Menjadi kontingen debat, bukan keinginan ku. Karena aku merasa “it’s not my passion” tetapi, lingkungan yang membawa ku menjadi bagian dari kontingen debat Fakultas Psikologi. Disaat aku bergabung, aku merasa banyak tertinggal dalam cepat membaca, memahami, dan mengutarakan argumentasi. Akan tetapi, aku sadar. Menjadi seorang pendebat harus mampu berdiri tegak dengan argumentasi yang penuh rasionalisasi.

Dari ketertinggalan tersebut, aku bangkit dan bangun mengejar semua ketertinggalan dan mengubah semua aktivitas sehari – hari. Aku gunakan waktu kosong yang ku miliki untuk membaca, hal tersebut membuat ku merasa lebih memiki pemikiran terbuka dan banyak pengetahuan atau informasi, yang bermanfaat dan mampu menunjang argumentasi dalam perdebatan. Dan Hasil tak akan mengkhianati proses, aku terpilih menjadi kontingen debat untuk berbagai lomba debat baik itu setingkat kampus hingga nasional. Alhamdullilah, aku bersama rekan ku mampu membawa piala juara III lomba debat Psikologi Se-PTM Nasional.

Dari pengalaman ku tersebut, aku semakin mengenali siapa diri ini. Aku adalah tipe orang yang mudah berbaur dan menyukai tantangan. Setelah itu, aku bergabung dengan salah satu club yaitu peer coaching and counseling (co&co) yang dimana aku dituntut untuk memberikan layanan konseling kepada mahasiswa dan mampu memberikan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan well-being seseorang. Lalu, aku dipercaya untuk menjadi narasumber mengenai parenting di wilayah Ciputat dan Leuwiliang. Banyak sekali pembelajaran yang aku dapatkan. Dari situ aku sadar, aku menyukai dengan sebuah pengabdian.

Dari pengalamanku, aku merasa tertinggal dalam minat baca. Dan hal tersebut menjadikan sebuah motivasi tersendiri untuk aku. Aku termotivasi agar daerah ku (Jakarta Utara) tidak memiliki pengalaman yang sama dengan ku. Oleh karena itu, aku bergabung menjadi bagian dari Abang None Buku Jakarta Utara 2019. Aku mengikuti ajang tersebut, agar warga Jakarta Utara memiliki minat baca yang tinggi dan mampu bersaing dengan wilayah lain Jakarta.

Alhamdullilah, aku terpilih menjadi salah satu Finalis Abang None Buku Jakarta Utara 2019 dari 186 peserta. Semua tahap ku lalui dan aku tetap menjadi diri sendiri. Menjadi pribadi yang mudah berbaur dengan orang, dan hal tersebut membawaku menjadi None Buku Persahabatan Jakarta Utara 2019.

Dari ceritaku aku percaya akan ada pembelajaran dari setiap peristiwa, dan jangan jadikan sesuatu sebagai beban tetapi lihat sebagai sebuah peluang. Serta, aku percaya brains, beauty, and blissful.

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (Q.S Al Baqarah:216).