Berbagi Ilmu

BEM Fakultas Psikologi UHAMKA telah mengadakan kegiatan Psikologi Bagimu (Psikologi Berbagi Ilmu) yang merupakan salah satu program kerja Bidang 3 Sosial dan Politik BEM Fakultas Psikologi UHAMKA periode 2018-2019. Program kerja Psikologi Berbagi Ilmu sendiri merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang mewadahi mahasiswa aktif dalam menyalurkan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada warga Desa Puraseda dengan harapan warga Desa Puraseda mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari mahasiswa aktif.

Kegiatan ini bertema “Berbagi Ilmu adalah Prioritas karena Pendidikan Tak Terbatas” yang dilaksanakan pada Senin s.d. Rabu, 29 s.d. 31 Juli 2019 bertempat: Kampung Situhiang RT. 002/RW. 006, Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor 16640.

Setelah tiba di lokasi, kami melakukan sholat berjamaah serta mengaji bersama

Hari ke dua

Berikut bentuk kegiatan Psikologi Berbagi Ilmu pada hari ke dua :

  • Mengajar

Terdapat dua sistem dalam kegiatan mengajar yang dilakukan yaitu memberikan teori dan praktek. Setiap kelas mempunyai tema materi yang berbeda, sesuai dengan yang tertera disilabus. Materi kelas 1 SD yaitu mengubah benda cair menjadi padat dengan praktek membuat es mambo tanpa kulkas, materi kelas 2 SD yaitu perubahan zat kimia lama menjadi baru dengan praktek mengisi udaha di balon dengan botol yang berisikan zat kimia, materi kelas 3 SD yaitu mendeskripsikan flora dan fauna, materi kelas 4 SD yiatu memahami terkait gaya dengan praktek membuat perahu otok-otok, materi kelas 5 SD yaitu pembiasan cahaya dengan praktek pembiasan pensilan gambar, materi kelas 6 SD yaitu perubahan zat kimia menjadi gelembung lava dengan praktek membuat gunung meletus. Materi kelas 1 SMP yaitu

membuat penjernihan air, materi kelas 2 SMP yaitu membuat aliran listrik pararel dan seri, materi kelas 3 SMP yaitu membuat rocket air. Setiap volunteer mengajar siswa sesuai dengan jobdesc yang telah di tentukan.

Kegiatan ini diawali dengan briefing yang dilakukan oleh Steering Committee

Kegiatan Mengajar yang dilakukan

Foto bersama Volunteer beserta siswa & Siswi MA Asyidiqiyah

  • Penyuluhan

Kegiatan penyuluhan ini dibawakan oleh Co&Co yaitu club terkait konseling, dalam penyuluhan ini Co&Co mengisi materi mengenai parenting yaitu cara pola asuh orang tua terhadap anak, memberikan edukasi mengenai pola asuh agar ibu-ibu di lingkungan sekitar mengetahui apa saja yang harus dilakukan atau tidak di lakukan dalam mengasuh anak, orang tua pun diberikan edukasi mengenai cara mengenali serta memahami keinginan anak-anaknya

 

  • Teater

Kegiatan teater yang diadakan pada malam hari tersebut berisikan kegiatan nonton film kartun bersama sambil menunggu persiapan pentas lainnya, setelah itu terdapat akustikan yang di lanjutkan puisi treaterical dan diacara puncak ada kegiatan drama boneka tangan.

Hari ke tiga

  • Bercocok Tanam

Kegiatan bercocok tanam dilakukan pada hari ketiga, dalam kegiatan ini

volunteer laki-laki dan sebagian panitia laki-laki pun turun ke lahan yang telah

disediakan oleh warga untuk menanam bibit beberapa bibit tanaman, bibit

ditanam yaitu bayam hijau, bayam merah, dan caisim.

  • Membuat Produk

Kegiatan membuat produk dilakukan pada hari terakhir bersamaan waktu dengan bercocok tanam akan tetapi berbeda tempat. Dalam kegiatan membuat produk volunteer perempuan dan ibu-ibu sekitar membuat kripik singkong dan pisang untuk diproduksi sebagai bahan penjualan, dimana kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membuat produk yang akan dibuat yaitu kripik singkong dan pisang. Dari hasil yang dibuat oleh volunteer serta masyarakat sekitar akan di serahkan ke masyarakat agar masyarakat dapat menjual produk yang sudah dibuat bersama-sama, guna meningkatkan penghasilan  asyarakat sekitar dan dapat mengelola hasil perkebunanya agar menghasilkan uang dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

 

Makan bersama Volunteer, Panitia, dan warga Kp. Situhiang

Penutupan

Foto Bersama Panitia, Volunteer, dan Ketua Yayasan Asyidiqiyah

Dalam acara ini kami mendapatkan pengalaman serta pelajaran dari warga Kp.Situhiang yang sangat berharga untuk kami terapkan dalam kehidupan kami, dalam kesempatan ini pula kami dapat menjalankan salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam bidang Pengabdian Masyarakat.

 

Semoga acara yang telah kami laksanakan dapat memberikan banyak manfaat baik. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat untuk mewujudkan program kerja ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Sampai bertemu di lain waktu!

 

 

 

 

 

.

 

WhatsAppShare