Di Fakultas Psikologi Uhama terdapat berbagai macam aktivitas kemahasiswaan. Salah satu aktivitas kemahasiswaan di Psikologi Uhamka adalah kegiatan dalam bidang keagamaan. Kegiatan ini, antara lain, diwadahi dalam Klub Islami, untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Psikologi Uhamka dalam bidang seni dan ilmu Islam pada umumnya, dan memiliki relasi dengan Psikologi.


Di Klub ini, ada kajian runtin mengenai integrasi Islam dan Psikologi. Tema yang diangkat pada kesempatan kajian rutin saat ini adalah nilai-nilai psikologi positif dalam surah al-Ma’un. Surah al-Mau’n adalah surah yang ke-107 dalam al-Qur’an, dan terdiri dari 7 ayat.


Meurut Ilham Mundzir, dosen al-Islam dan Kemuhammadiyah Fakultas Psikologi Uhamka yang juga sekaligus nasumber pada kajian ini, menyatakan bahwa salah satu nilai yang diajarkan surah al-Ma’un ini adalah sikap dan perilaku prososial.
Ternyata, Islam sangat memberikan penekanan dan dorongan kepada penganutnya untuk memiliki empati, sikap prososial kepada orang lain yang sedang mengalami kesusahan. Agama Islam melarang pengikutnya yang mengambil sikap selfish yang tidak mau menolog orang lain. Orang yang perilakunya demikian, dalam al-Ma’un disebut sebagai orang yang mendustakan agama.