UHAMKA ENTREPRENEUR FESTIVAL (UP FEST)

-Present-

 

Perkembangan kewirausahaan saat ini sudah berkembang cukup pesat dengan kemajuan teknologi yang ada. Berbagai macam kebutuhan yang sudah tersedia dalam aplikasi seperti ojek online, antar barang online, sampai toko online pun ada dengan tersedianya macam barang seperti baju, alat kosmetik, jasa, makanan, hingga kebutuhan ibu rumah tangga. Teknologi ini sangat memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya cukup meng klik tanpa bersusah payah mendapatkannya. Kemudian dengan adanya aplikasi ini seseorang tidak lagi harus keluar rumah untuk membeli kebutuhannya.

Tidak semua entrepreneur dalam era globalisasi ini menyadari akan adanya tantangan yang dihadapinya, persaingan mereka bukanlah hanya antar pedagang dalam cakupan lokal, melainkan antar negara bahkan mancanegara. Banyak diantaranya yang mampu membangun bisnisnya, akan tetapi dalam prosesnya, gagal dalam mencari cara guna mempertahankan serta mengembangkan bisnisnya.

Oleh karena itu, PK IMM Fakultas Psikologi UHAMKA khususnya Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan mengadakan UHAMKA Entrepreneur Festival (UP FEST) dengan tema “Urban Escape Digital” yang diharapkan dapat menambah wawasan mengenai berwirausaha khususnya dalam era industry 4.0.

UHAMKA Entrepreneur Festival (UP FEST) sendiri dilaksanakan pada hari Kamis –Jum’at, 8 – 9 Agustus 2019 M, bertempat di Jakarta Creative Hub Jl. Kebon Melati 5 No.20, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dengan Rangkaian Acara Talkshow, Seminar dan Pameran.

Talkshow

Talkshow ini dipandu oleh Reza Baihaqi selaku Moderator dengan narasumber pertama yaitu, Benazio Rizky Putra selaku Content Creator yang membahas pola industri bisnis era 4.0. Serta narasumber kedua yaitu, Ihya Addini Islami, S.Ag.,CH.Cht. selaku Inspirator Muslimah dan juga owner coklat jodoh yang membahas mengenai tantangan dalam berwirausaha di era industry 4.0.

Seminar

Seminar ini dibawakan langsung oleh Garry Evano Daniel selaku Head Of Operations & Business Development Puyo Deserts narasumber pertama yang mengisi materi mengenai strategi marketing dan mempertahankan sebuah bisnis di era 4.0. Dilanjut dengan narasumber kedua yaitu Alvin Eryandra S.Psi., M.Si selaku Dosen Fakultas Psikologi UHAMKA yang memberikan materi mengenai pandangan entrepreneur terhadap era 4.0.

Pameran

Pameran kali ini diisi oleh produk mata kuliah Kreatif dan Inovatif, yang di hadiri oleh tujuh kelompok peserta. Satu kelompok beranggotakan tiga sampai dengan empat orang. Nama-nama produk yang mereka bawakan diantaranya yaitu; (1) Buku Anak Istimewa yang berfungsi untuk anak tuna rungu, (2) ANGKASA-H yang berfungsi untuk melatih motorik kasar serta atensi anak speech delay, (3) METUGRA yang berfungsi sebagai media membaca, melatih daya ingat, konsentrasi, dan fokus untuk anak tunagrahita, (4) Kartu Ajaib Psikologi (KARJAPSI) yang berfungsi sebagai social education, (5) Kartu Menara yang berfungsi untuk mengenal nama-nama surah Juz 30, (6) MINI yang berfungsi untuk mengenalkan anak-anak mengenai nama-nama malaikat, rukun iman, nabi, rukun islam, dan merangkai puzzle (7) TABEX yang berfungsi untuk mengedukasi anak diusia dini mulai dari usia 4 – 7 tahun mengenai seks serta memberikan informasi yang terdapat pada buku panduan yang ditujukan kepada tenaga pengajar dan juga orang tua