Konferensi Nasional ke-3 Peneliti Muda Psikologi 2018

Politik merupakan salah satu aspek kehidupan yang selalu menarik perhatian. Selain itu, politik juga telah dipelajari sejak dahulu bahkan sebelum psikologi muncul. Pada era modern, pengajian tentang ilmu politik juga disandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya, salah satunya psikologi.

Tahun 2018 merupakan masa mulai ‘memanas’nya kembali politik di Indonesia. Berbagai macam acara pemilihan pemimpin di tingkat daerah akan diadakan. Bagaimana dengan kajian psikologi politik di Indonesia tahun 2018?

Berkenaan dengan hal tersebut, Fakultas Psikologi UHAMKA menyelenggarakan konferensi dengan tema “Political Branding Generasi Millennial”. Meskipun demikian, kajian dalam konferensi ini tidak dibatasi pada kebijakan politik atau pemerintahan saja. Kajian mengenai kepemimpinan, konflik etnis, terorisme, perilaku memilih ataupun kajian dari disiplin ilmu lain yang relevan dimungkinkan untuk memberikan sumbangsih pada konferensi ini. Selain itu, kajian terkait psikologi praktis serta politik juga diharapkan mewarnai konferensi nasional kali ini.

Konferensi ini diadakan dengan tujuan memberikan kesempatan bagi para peneliti dan mahasiswa untuk mensosialisasikan penelitian yang telah dilakukan serta membangun jejaring peneliti sehingga memungkinkan para peneliti untuk melakukan pengembangan kajian ilmu psikologi politik khususnya di Indonesia.

Kegiatan konferensi akan diawali oleh workshop yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengembangkan kemampuannya di bidang riset. Kegiatan workshop ini dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dengan harapan pesan dapat tersampaikan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemampuan riset peserta. Kegiatan ini mengagendakan setidaknya dua workshop yang akan ditawarkan sebelum dimulainya acara konferensi.

Tema

Political Branding Generasi Millennial

Tujuan kegiatan

  1. Membangun masa depan Indonesia dari riset khususnya Psikologi
  2. Mensosialisasikan hasil riset Psikologi Indonesia
  3. Membangun jejaring riset Psikologi sejak dini
  4. Membiasakan mahasiswa dengan iklim ilmiah
  5. Membangun kepercayaan diri mahasiswa untuk dapat mempresentasikan penelitiannya dalam konferensi.

WhatsAppShare

Comments are closed.