Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Lulusan Fakultas Psikologi UHAMKA

  1. Memiliki kemampuan menggunakan metode psikologi komunikasi melalui berbagai media untuk menyampaikan wawasan keislamannya. Menguasai konsep perilaku manusia dalam perspektif Islam, ilmu komunikasi dan mampu menerapkannya untuk menyampaikan wawasan keislamannya. Mampu mengembangkan potensi individu dengan berlandaskan wawasan keislamannya berdasarkan analisa kebutuhan dilapangan. Bertanggungjawab terhadap materi dan strategi komunikasi baik yang dilakukan sendiri mapupun atas nama organisasi.
  2. Memiliki kemampuan menggunakan metode penelitian, analisa statistik, teknik penulisan karya ilmiah yang disesuaikan dengan masalah penelitian psikologi. Menguasai konsep dasar psikologi, perkembangan, kepribadian, konsep Islam yang berkaitan dengan psikologi, biopsikologi serta dapat menjelaskan fenomena perilaku manusia berdasarkan kajian keilmuannya. Mampu merumuskan penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisa terhadap data penelitian dan memberikan rekomendasi dari alternatif yang sesuai. Bertanggungjawab terhadap hasil kajian ilmiah yang dilakukan sendiri atau mewakili institusi.
  3. Memiliki kemampuan memanfaatkan teknik intervensi non-klinis, pelatihan, manajemen SDM dan disesuaikan dengan bidang industri/ organisasi, pendidikan, dan sosial-budaya. Menguasai konsep psikologi perkembangan, prinsip belajar dan perubahan perilaku, dan manajemen SDM yang bertujuan untuk membantu optimalisasi potensi individu dalam konteks sosial, pendidikan, dan Industri. Mampu menentukan kebutuhan optimalisasi potensi berdasarkan hasil assesmen dan memberikan rekomendasi yang diperlukan untuk pengembangan SDM. Bertanggungjawab pada aktifitas pengembangan SDM baik yang dilakukan sendiri maupun atas nama organisasi/ kelompok sesuai dengan landasan moral profesi.
  4. Memiliki kemampuan menggunakan teknik konseling dan menyesuaikan pendekatannya sesuai kondisi klien. Menguasai dasar-dasar konseling dan memahami secara mendalam konsep kepribadian manusia serta mampu merancang intervensi non-klinis. Mampu menentukan pendekatan dalam intervensi non-klinis berdasarkan assesment psikologis dan mendorong klien untuk memecahkan masalahnya sesuai dengan alternatif yang sudah ada. Bertanggungjawab pada aktifitas konseling baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan atas nama organisasi sesuai dengan landasan moral profesi.
  5. Memiliki kemampuan memanfaatkan teknik pemasaran dan pembuatan produk kreatif dalam bidang psikologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat/ pasar. Menguasai konsep kreatif, perilaku konsumen, dan psikologi kewirausahaan serta mampu melakukan aktifitas kewirausahaan dalam bidang psikologi. Mampu menentukan jenis dan strategi produksi danĀ  strategi marketing berdasarkan analisa pasar. Bertanggungjawab terhadap produk yang dihasilkannya dan strategi pemasaran dan mampu bekerjasama secara produktif dengan orang lain.
WhatsAppShare